Ayo Bertemu Panda!

Siapa yang tidak jatuh cinta dengan makhluk raksasa yang lembut bernama Panda. Gerakannya yang tenang, dengan bulu berwarna putih dan hitam menjadikannya begitu dicintai. Kali ini Ksana Ksini akan membuat panduan buat kalian untuk mengupas habis petualangan melihat Panda di negri tirai Bambu? Di mana dan bagaimana menemukan dan berinteraksi dengan Panda!  Kita mulai dengan salam dengan foto panda.

Habitat Panda


Habitat Panda sudah semakin mengecil. Panda saat ini hanya tinggal di hutan Bambu di enam pegunungan diantara Sichuan, Shaanxi dan Gansu. Kebanyakan tinggal di gunung Minshan dan Qinling. Saat ini China dengan komunitas internasional sedangan membangun taman nasional yang besar untuk menghubungkan koridor hutan bambu untuk meningkatkan populasi Panda.

Pergilah ke Sichuan 


Jika ingin bertemu Panda, pergilah ke ibu kota Provinsi Sichuan dengan ibukota bernama Chengdu. Selain bertemu Panda, provinsi ini menyimpan keindahan alam nomer 1 di China yaitu Jiuzhaigou, dengan budaya sejarah tiga kerajaan hingga pedesaan Tibet. Jadi kalau pergi jangan ragu, langsung saja dari Jakarta- Chengdu.

Penerbangan yang menyediakan flight dengan stopover:
Airasia stop over KL, China Southern stopover Guangzhou
Biaya penerbangan sekitar 5 juta rupiah dengan total durasi 12 jam penerbangan.

Alternatif:
High Speed Train : Jalur darat dari Shanghai, Guangzhou memakan waktu sekitar 14 jam. Jadi langsung saja ke Chengdu untuk mencari Panda

Bertemu Panda:

Chengdu Research Base of Giant Panda 


Ingin foto bareng Panda? Chengdu Research Base of Giant Panda tempatnya. Terletak hanya 10 km dari pusat kota Chengdu adalah tempat yang ideal untuk bertemu, belajar dan melihat Panda. Sebagai tempat ternak Panda, Chengdu Research Base of Giant Panda dimulai dari 6 Panda dan berhasil membesarkan hingga 100 Panda.




Tidak hanya bayi panda, anak panda hingga panda dewasa, mereka juga menanam pohon bambu dan berbagai binatang langka. Tidak ketinggalan mereka juga memberi konservasi untuk saudara terdekatnya yaitu Panda Merah! Pada waktu saya bermain di Chengdu tahun 2013, saya ikut tur hostel menuju tempat ini. Tidak ada kendaraan umum yang bisa sampai dengan sekali naik bus, dan taxi pun mahal jadi kami ikut city-tour. Kekurangannya adalah waktunya yang terbatas, hanya bisa keliling sekitar 4 jam. 

Panda bukanlah binatang yang suka dengan udara panas, saya waktu mengunjungi Chengdu Research Base pada waktu musim panas sehingga menemui panda bukan di luar ruangan tetapi di dalam ruang ber-AC. Hanya panda muda yang dibiarkan tinggal di luar. Tapi tidak mengurangi keseruan dalam melihat para panda. Panda kecil sangat suka bermain gulat bersama temannya. 

Hal yang menyenangkan lainnya adalah saya berkesempatan untuk bertemu bayi panda. Ukurannya sangat kecil, bahkan lebih kecil dari bayi manusia. Bayi panda berwarna pink, sungguh tidak mirip dengan panda. Selain keliling melihat taman dan panda, mereka juga menyediakan fasilitas “volunteer”. Kegiatan pendek ini berisikan memberi makan, dan kesempatan foto bareng. Harganya 2.000 yuan atau sekitar 3 juta membuat kegiatan ini begitu menakutkan untuk dompet saya ini.

Dujiangyan Panda Valley

Jika Anda ingin lebih intim lagi dengan Panda, meluncurlah ke Dujiangyan Panda Valley. Di sini program ‘volunteer’ dibuat satu hari penuh, dari membersihkan kandang, memberi makan, hingga menyiapkan makanan untuk Panda. Untuk program satu hari  seharga 800 yuan.

Dujiangyan Panda Valley terletak di kota Dujiangyan, 60 km dari Chengdu. Tinggal naek kereta cepat ke kota Dujiangyan lanjutkan dengan naik taxi. Berbeda dengan Chengdu Research Base, Dujiangyan Panda Valley merupakan tempat konservasi agar panda yang dibiakan dapat kembali hidup ke alam liar. 

Salah satu panda paling populer di dunia yaitu Gongzai. Karakter Kung Fu Panda diambil prototipe dari Gongzai dan ia menjadi bintang utama di Dujianyang Panda Valley.

Panda di Alamnya 

Panda merupakan hewan yang penyendiri, dan memiliki indera penciuman yang sensitif. Dapat bertemu panda di alam liar sangatlah jarang, dan berikut ini adalah beberapa habitat dengan populasi panda tertinggi namun untuk bertemu langsung hampir sangat jarang terjadi. 

Wolong Panda Sanctuaries

Wolong adalah cagar alam terbesar dan tertua yang salah satunya dikhusususkan untuk panda. Luas daerah mengcakup 200 ribu hektar, cagar alam ini menggabungkan pegunungan, hutan tebal dimana tanaman dan hewan langka tumbuh, hingga sungai ganas mengalir. Selain bertemu panda di cagar alammnya, banyak yang dapat dilihat.

Yingxiongou terletak 10 km di utara pintu masuk anda akan memasuki hutan dengan kayu tua dengan lautan bambu. Yinlong Canyon menyediakan tembok ngarai yang indah, sedangkan daerah Zhenghe memberikan suasana berbeda dengan padang rumput pegunungan.

Tangjiahe Nature Reserve

Jika Anda memang benar-benar bersikeras untuk menemukan panda di alam, ikutlah tur ke dalam hutan lindung yang terbatas untuk umum di Tangjiahe. Tur ini hanya untuk yang benar-benar berdedikasi untuk masuk ke dalam hutan dan habitat panda. Selain bertemu panda, di sini juga bisa bertemu berbagai mamalia seperti rusa, yak, monyet Tibet hingga beruang madu. Turnya sendiri hingga 5 hari, dan hidup di dalam tenda di atas gunung.


Alternatif ketemu Panda  

Jika Anda berada di China namun tidak sempat ke daerah Sichuan, kita bisa juga menemukan panda di kebun binatang di kota besar.

Beijing: Kebun Binatang Beijing

Kebun Binatang Beijing merupakan rumah dari sekitar 14500 binatang dengan 450 spesies berbeda. Selain menjadi rumah panda, kebun binatang ini juga rumah bagi hewan endemik langka China lainnya seperti macan dan salamander rakasasa. Kebun binatang ini merupakan kebun binatang tertua yang dibangun pada masa dinasti Qing oleh permaisuri Cixi. Dibangun dengan gaya Baroque, kebun binatang ini dibangun oleh arsitek dari Prancis.

Shanghai: Shanghai Wild Animal Park


Shanghai Wild Animal Park adalah semacam taman safari yang berada di Shanghai sebagai salah satu kebun binatang terbaik di China. Besar tamannya sekitar 153 hektar, menjadi rumah dari 200 macam binatang yang termasuk dilindungi. Taman ini dibagi menjadi area berjalan dengan area dengan bus. Selain panda, terdapat banyak pertunjukan dari singa laut, balapan anjing, hingga pelatihan macan.

Hong Kong: Ocean Park


Saat ini panda bernama Ying Ying dan Le Le sedang beristirahat untuk menikah. Jadi bisa dilihat lewat website resminya Ocean Park. 

Fakta Menarik Tentang Panda


  • Panda makan hingga 28 kilogram per hari, dan menghabiskan 12-16 jam sehari hanya untuk makan.
  • Panda berasal dari kata tibet yang berarti pemakan bambu, di China sendiri dinamakan Xiongmao 熊猫 yang merupakan kombinasi antara kata beruang dan kucing.
  • Panda adalah binatang karnivora, namun karena terlalu lambat untuk berburu maka ia lebih memilih untuk makan bambu.
  • Panda tidak memiliki tempat khusus untuk tidur, ia langsung tidur ketika sudah mengantuk.
  • Bayi panda hanya seberat 1 kg waktu pertama kali lahir, dan tidak dapat berjalan hingga umur 3 bulan.

Komentar

  1. Panda di Chendu memang lucu-lucu... Tahukah anda warna buntut Panda ?
    Dapatkan jawabannya di artikel Panda Gemuk Besar di Chengdu di http://stenote-berkata.blogspot.hk/2017/11/panda-gemuk-besar-di-chengdu.html

    Lihat juga video di Youtube: Djy2N4Zn4lE

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer

Agoda