Panduan Berkeliling dengan Kereta Api di China


Konektivitas kereta api di China adalah yang terbaik di dunia. Perkertapain mereka sangat efisien, tepat waktu, nyaman dan memiliki banyak pilihan tempat duduk. Jalur kereta api biasanya ada yang baru dengan teknologi kereta super cepat ada juga jalur kereta lama. Harga yang baru memang lebih mahal, tapi keretanya jauh lebih nyaman dan cepat sampai. Sebelum mencari tiket mari dimengerti dulu beberapa tipe kereta yang bisa diketahui dari nama keretanya.

Perhatian, tempat bagasi di kereta umumnya kecil. Terdapat tempat khusus untuk bagasi yang besar di pintu masuk gerbong. Jika anda membawa bagasi besar , bisa juga memberi tahu di stasion terlebih dahulu dan akan ditempatkan di tempat khusus yang bisa diambi ketika sampai tujuan.

Jenis Kereta Api Bedasarkan Kecepatan

Kereta G

Ini merupakan kereta jarak panjang yang memiliki kecepatan hingga 350 km/jam. Ini merupakan kereta tercepat yang berjalan di China. Perjalanan panjang ini yang umum adalah Beijing-Shanghai, Beijing-Guangzhou dan yang baru-baru ini dibuka adalah perjalanan antara Shanghai-Guangzhou.

Kereta C

Kereta C ini memiliki kecepatan yang sama dengan G namun jarak antar kota yang dekat. Jalur yang menggunakan C Train adalah Beijing-Tianjin, dua kota besar dengan jarak 120 km seperti Jakarta Bandung ini ditempuh kurang dari 1 jam.

Kereta D

Kereta ini juga termasuk kereta cepat, dengan kecepatan maksimum 250 km per jam. Harganya yang lebih murah dan waktu tempuh yang tidak berbeda jauh dengan G bisa menjadi pilihan lebih hemat, dan itu juga yang dipikirkan masyarakat lokal di China. Biasanya kereta D lebih cepat habis daripada G, rute perjalanan D memiliki kotektivitas yang lebih luas dibandingkan G.

Kereta Z
 
Kereta Z ini kereta yang jarang ditemui, biasanya digunakan untuk perjalanan panjang. Kecepatan keretanya 160 km/jam dan kereta ini didalamnya adalah kereta soft sleeper ( kamar tidur dengan ranjang), atau bangku empuk (soft seat). Jalur yang digunakan dengan Z train adalah Shanghai-Xian.

Kereta T
Kereta T jurusan Shanghai-Beijing

Kereta ini kelasnya udah semakin turun dibanding kereta yang diatas. Kecepatan kereta ini 140 km/jam, biasanya memiliki gerbong yang beraneka macam seperti kursi keras, kursi empuk, ranjang keras dan ranjang empuk. Kereta T memiliki tempat perhentian yang banyak, dan jalur yang sangat panjang. Buat perjalanan jauh sebaiknya gunakan gerbong yang sleeper.

Kereta K

Mirip dengan Kereta T, kereta ini lebih lambat, perhentiannya juga lebih banyak dari T.

Tipe Tiket

Kereta G dan D

Kelas 2 (二等座)

Ini adalah pilihan utama buat naik kerta G atau D karena gerbong keretanya udah nyaman. Bangku kelas dua ini satu baris ada 5 kursi  dengan kombinasi 3 krusi dan 2 kursi. Kursi ini juga bisa diputar 360 derajat. Terdapat meja yang tray yang terpasang di tangan kursi. Kalau pesan tiket biasanya kita tidak dikasih pilih kursi atau petugas tiket yang tidak mau melayani pemilihan kursi.

Berikut cara baca tiketnya, A,B,C,D,F. ABC berada di baris dengan tiga kursi, A dengan jendela dan C berada di aisle. F dan D berada di 2 kursi dengan F berada di asile dan D di jendela. Jika anda pergi berdua atau bertiga dan tidak mendapat kursi berutan, tidak usah khawatir. Orang China sangat toleran jika anda meminta menukar kursi, Anda tinggal siapin aja tu tiket. Terus tunjukin nomer aslinya dimana, asalkan satu gerbong biasanya mereka mau pindah.

Kelas 1 (一等座)

Kelas 1 ini harganya hampir 50 persen mahal dari kelas 2. Sebenernya tiket kelas 1 ini dibeli karena kepaksa tiket kelas 2nya keburu habis. Perbedaanya adalah kursi yang lebih luas, punya charger sendiri dan satu baris hanya terdiri dari 4 kursi. Kursinya juga dapat diatur ke belakang, dengan jarak kaki yang lebih luas. Meja yang berada didalam tangan kursi juga lebih lega. Di kursi ini juga terdapat colokan buat mencharge barang elektronik.

Bisnis ()

Ini merupakan kursi paling mewah dan paling mahal. Harganya bisa dua kali dari kelas 2, harganya bisa lebih mahal dari naik pesawat. Kursinya seperti duduk di sofa, luas dan nyaman. Terdapat TV LED pribadi dan bisa mundurkan hingga tidur. Di dalam tray juga terdapat makanan ringan, minuman, sandal , bantal dan selimut.
D Train

Gerbong Kereta Z, K  dan T


Kursi Keras (硬座)
 
Ini merupakan kelas dengan harga tiket yang paling murah dan paling kecil. Pertama kali saya naik kelas ini, saya merasa sangat kaget. Saya mengharapkan kenyamanan seperti naik kereta di kelas kereta G atau D. Ini merupakan suatu pengalamanan berbeda.  Kursinya tegak, satu baris terdiri dari 5 kursi. Kursinya sendiri tidak menjadi masalah, tetapi tiket duduk dengan tiket berdiri sungguh melebihi kapasitas.

Tidak ada jalan sama sekali di lorong, pintu masuk, depan WC semuanya adalah lautan orang dan barang. Bahkan melewati dan menuju kursi sangat sulit, dan biasanya kursi di nomor tiket Anda telah diduduki orang lain. Tinggal tunjukan tiket, biasanya orang yang duduk itu udah kecapaian karena tiket  berdiri. Bagi Anda yang menyukai interaksi dengan penduduk setempat, gunakan tiket ini karena Anda benar-benar akan merakyat.

Kursi Lembut= Mirip dengan kelas dua kereta G dan Kereta T

Kereta tidur Keras  (座)
 
Kereta dengan tipe dengan tempat tidur keras ini merupakan kelas yang populer, jadi cukup cepat habis. Tidak seperti kelas tempat duduk keras, gerbong kereta ini terbatas untuk pemegang tiket. Tempat tidurnya terdiri dari tiga ketinggian, yaitu di bawah, tengah dan atas. Tempat terbaik tentunya di tempat tidur bawah, karena masih bisa duduk dan tidak perlu menggunakan tangga. Tempatnya yang sempit tidak memungkinkan anda untuk duduk di tempat tidur tengah dan tempat tidur atas.

Kereta Tidur Lembut (卧)

Kereta dengan tempat tidur lembut termasuk nyaman. Satu ruangan terdiri dari empat tempat tidur, yang pasti lebih lembut dan lebih lega. Dalam satu ruangan terdapat pintu sendiri, dan dialamnya terdapat lampu baca, selimut, dan juga bantal. Beberapa ruangan bahkan memiliki LCD TV sendiri.

Tiket Berdiri(站票)

Bagaimana cara memesan tiket kereta api?


Online

Saran saya pesan saja secara online. Anda bisa membeli tiket di website Ctrip.  Tiket  dapat dipesan paling lambat 35 menit sebelum keberangkatan dan 60 hari sebelum keberangkatan. Anda akan mendapakan Email dan tetap harus mencetak tiket resmi di stasion kereta dengan membawa Passport. Syaratnya pemesanan Anda harus sesuai dengan Passport

Langsung

Perhatian, sangat jarang stasion kereta menyediakan loket berbahasa Inggris. Jadi sebaiknya anda tulis dengan lengkap di kertas sebelum Anda memesan tiket. Pertama tulis tujuan Anda dengan Hanzi, ada beberapa kota yang mirip lafalnya sehingga mencegah salah jurusan. Coba saja Anda pesan tiket ke Suzhou bisa-bisa dikasih tiket ke Xuzhou. Lalu tulis juga tipe kereta, tipe tempat duduk dan jam berangkat.

Tips

 
1. Datang paling lambat 45 menit sebelum keberangkatan. Stasion kereta di China seperti di Beijing dan Shanghai sangat besar, dan jika Anda belum memiliki tiket sebaiknya datang paling tidak 1 jam setengah sebelum jadwal keberangkatan. Biasanya loket juga penuh. Mereka sangat tepat waktu dalam jadwal kereta api.
2.  Hindari jadwal berikut, libur Tahun Baru China dan liburan nasional pada awal Mei dan awal Oktober.
3. Nama stasion tempat berangkat, di satu kota bisa jadi terdapat 2 hingga 4 stasion kereta. Kalau salah stasion bisa-bisa gak berangkat.
4. Jangan bawa barang terlalu banyak, tempat di kereta tidak terlalu luas.
5. Pengumuman dalam bahasa mandarin. Paling tidak pelajari nama kota dengan tulisan Hanzi. Contekannya sudah tertulis di tiket Anda.

Komentar

Postingan Populer

Agoda