Belajar Bahasa Mandarin di Shanghai: Kurikulum di Shanghai Normal University 上海师范大学


Pertanyaannya adalah apa yang dipelajari di Shanghai? Sekarang saya akan menjawab dengan penuh formalitas. Apa yang ada di bawah ini semoga bisa jadi pertimbangan sebelum pergi ke Shanghai, dengan apa pun tujuan Anda. Baik untuk bersenang- senang, lari dari stress yang ada, semuanya boleh-boleh saja. Di sini adalah bagaimana memaksimalkan studi anda, karena tidak memakan waktu lama dan hobi anda dimana anda akan mempunyai banyak waktu luang

Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana kurikulum bahasa di Shanghai Normal University (上海范大学)di sinilah tempatnya.  Ingat ya pilih kampusnya yang di Guilin Lu bukang yang di Fengxian, tar adanya di pedesaan lagi. Ada berbagai macam institusi yang mengajarkan pelajaran bahasa Mandarin untuk orang asing, mungkin ini juga bisa menjadi gambaran bagi para siswa yang mau belajar bahasa di China. Berikut ini adalah tentang kurikulumnya.
Kampus untuk mahasiswa lokal dengan bata merah mendominasi


Belajar bahasa di SNU, berisi program sepanjang 3 setengah tahun dari dasar hingga selesai. Setelah menyelesaikan pelajaran ditambah dengan skripsi, siswa akan mendapatkan gelar sarjana. Berikut ini adalah level yang ada di SNU:

Tahun pertama :Pelajaran Dasar Satu (初一) dan Pelajaran Dasar dua (初二)
Tahun kedua: Pelajaran Dasar ketiga (初三) dan Pelajaran menengah pertama  (中一)
Tahun ketiga: Pelajaran Menengah kedua(中二)dan Pelajaran atas pertama(高一)
Tahun keempat: Pelajaran atas kedua(高二)

Apa yang dipelajari tiap levelnya? Untuk pelajaran dasar tahap satu mempelajari tentang cara membaca antara hanzi  dan pinyin. Apa itu hanzi dan pinyin? Tulisan mandarin itu namanya hanzi, berupa gambar piktograf. Tidak seperti bahasa latin yang terdiri dari alfabet yang lalu digabungkan, piktograf ini memiliki arti dan cara baca tersendiri. Nah bagaimana cara bacanya kalau tidak ada tulisan alafabetnya, maka dibuatlah pinyin oleh negara RRT supaya hanzi ini bisa dibaca dengan huruf alfabet. Inilah kesulitah pertama, harus menghapal hanzi supaya bisa baca.

Kedua adalah pinyin, yang bedasarkan atas cara bacanya. Ada 23 konsonan dan 4 nada, biar uda lama belajar masih sering ketuker-tuker. Caranya cuman satu biar bisa bener, dengar dan mengulang.

Nah kira-kira itulah yang dipelajari di dasar pertama, dengan beberapa cara conversation yang umum diucapkan. Jadi dalam pelajaran semester pertama ini sudah diberi bekal untuk bisa bertahan hidup, belanja dan pesan makan. Kurang lebih seperti itu. Pelajaran dari awal sampai akhir semua full bahasa mandarin.

Untuk pelajaran dasar kedua hingga ketiga, kita sudah belajar untuk berhadapan langsung dengan percakapan yang lebih umum-umum. Seperti mesen tiket pesawat, ngomongin hobi sampe cara-cara untuk membaca hal yang lebih rumit. Setelah itu tahap menengah dan tinggi yang sudah mencakup hal spesifik, seperti bahasa ekonomi, bahasa sastra sejarah dan sebagainya. Saya sendiri cuman lolos sampe zhong yi atau menengah pertama.

Ada 4 hal yang dipelajari di pelajaran dasar ketiga dan menengah pertama.
Suasana santai di Kelas

1. Du Xie
Pelajaran ini bobotnya paling banyak. Ini adalah pelajaran membaca dan menulis, kita akan mendapatkan satu topik bacaan lalu mempelajari lebih dalam dari bacaan tersebut. Di sini kita hampir belajar segalanya, yaitu belajar membaca, belajar grammar, lalu bagaimana cara mengaplikasikanya dalam bentuk soal-soal dan juga membuat karangan. Topik duxie ini mengambil bobot paling banyak tiap semesternya.

2. Ting Li 听力
Ini adalah pelajaran untuk kemampuan mendengar. Kita tidak akan bisa berkomunikasi jika kita tidak bisa mendegar apa yang dibicarakan lawan bicara. Satu-satunya cara adalah dengan banyak mendengar. Kita akan diputarkan CD dan kita belajar menangkap maksud dan apa yang didengar.

3. Kou Yu
Pelajaran Kou Yu adalah pelajaran conversation. Biasanya diawal kita akan diberikan sebuah situasi dan ada bacaannya. Kou Yu ini selain diajarkan cara berbicara formal biasanya si laoshi juga akan memberikan beberapa bahasa yang diucapkan untuk sehari-hari. Ujiannya juga langsung ngomong.

4. Fan Du
Fan Du adalah pelajaran bagaimana caranya membaca sebuah bacaan. Mengingat banyaknya hanzi yang perlu diingat, fandu adalah mempelajari trik untuk dapat mengerti bacaan walaupun hanya bisa membaca 60 persen dari hanzinya. Pelajaran fandu kita akan menemukan bacaan terus menerus dan menjawab soal untuk dapat mengukur berapa persen yang kita mengerti dari bacaan.
Makan-makan setelah pulang sekolah

Selain dari keempat pelajaran tersebut, kita juga akan mempelajari beberapa kebudayaan di Tiongkok. Bagaimana mereka merayakan festival, bagaimana dengan budaya makan dan sebagainya. Di SNU juga disediakan ekstrakulikuler untuk mengisi waktu luang, seperti belajar musik kuno, kaligrafi, masak, taichi, sampe yoga. Tiap semester juga diadakan acara jalan-jalan yang murah juga. Pelajaran di sekolah cukup singkat biasanya hanya setengah hari dari Senin sampai Jumat.





Komentar

  1. ka berapa biaya kursus, biaya hidup, sama tempat tinggal disana?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer

Agoda