Itinerary Jalan-jalan sambil ber-Kung Fu di China


Salah satu bela diri favorit saya adalah kung fu. Biarkan para jagoan UFC menghajar jagoan kung fu tetapi cerita dan filosofi kung fu ini sudah begitu meresap. Dari kecil cerita cerita dari Wong Fei Fung, Thio Buki, Yoko hingga Yip Man terus membayangi. Apalagi kisah komik Kenji Goh yang sengaja ke China untuk mencari kungfu terhebat. Jadinya tempat-tempat yang disebutkan itu membuat penasaran, dan ternyata memang kung fu itu masih menjadi sebuah tradisi masyarakat.
Yip Man vs Bruce Lee

Bila awalnya Kung Fu digunakan untuk melestarikan filsafat Shaolin dengan bela dirinya, di dekade 21 Bruce  Lee merupakan simbol bahwa kung fu adalah jalan menuju selebriti. Saya coba bangun itinerary tematik ini buat penggemar kung fu berikut dengan kisah di dalamnya!


Perjalanan Kung Fu / 3 minggu hingga 1 bulan


Awali perjalanan internasional Beijing lalu gunakan kereta super cepat menuju Tian Jin.  Terkenal oleh patriot Huo Yuanjia yang kisahnya bisa ditnoton pada fiim Fearless yang diperankan oleh Jet Li, di sini rumah dan tempat bertempurnya bisa didatangi. Lalu pergilah ke Cang Zhou sebagai kota akademi kungfu,  bisa berlatih wushu dan juga menonton akrobat.




Taiji Museum di Chenjiagou

Setelah memahami bagian "keras" kungfu sekarang mulai dengan belajar bagian "lembut" di kota Taichi di Chenjiagou di provinsi Henan. Pergilah ke ibukota provinsi Zheng Zhou lalu lanjutkan perjalanan di kota Deng Feng , untuk mengunjungi asal muasal kungfu di kuil Shaolin dan gunung Song Shan.

Pagoda Forest
Pergilah untuk melihat pendeta berjanggut panjang di Wudang Shan. Ilmu kungfu pedang Wu Dang ini selain memiliki ilmu bela diri, namun juga dipadu dengan teknik pernafasan dan pengobatan. Setelah melihat Wudang Shan lanjutkan ke bagian barat China di Sichuan untuk mengunjungi Emei Shan. Emei Shan yang terkenal dengan pendekar beralis putih. Beristirahat lah di kota Chengdu sambil mendalami ilmu pedang di Qincheng Shan.

Berlatih ala Wudang
Terbanglah ke provinsi Fujian untuk memulai perjalanan kung fu di selatan China. Lenyapnya kuil Shaolin selatan secara misterius di daerah ini, namun ilmu kungfu bangau masih bisa dipelajari di Quan Zhou. Lanjutkan perjalanan ke selatan untuk menuju kotanya Wong Fei Hun dan Yip man di Foshan. Perjalanan ini diakhiri di Hong Kong untuk mencari jejak legenda Bruce Lee. Setelah pulang dari perjalanan ini dijamin anda berhasil jadi pendekar!

Film-Film yang perlu ditonton sebelum pergi
 
Fearless - Jet Lee
Ip Man - Donnie Yen
Shaolin  - Andy Lau


Komik dan Biografi yang perlu dibaca
Kenji Goh
The Return of Condor Heroes
To Liong To

Komentar

Postingan Populer

Agoda