Informasi Praktis dan Penting sebelum Mengunjungi India [2016]


Halo bagi Anda yang akan pergi ke India, sebaiknya sadar dengan informasi ini. Demonetasi, sebuah kejadian ketika nominal mata uang tertentu tidak beredar di pasaran. Mata uang India Rupee dengan denominal 500 rupee dan 1000 rupee menjadi tidak berlaku. Bagi yang keburu memiliki uang ini biasanya beberapa toko sovevnir masih menerima sedangkan toko-toko pada umumnya sudah tidak menerima mata uang ini. Kedua mata uang ini adalah mata uang yang paling umum beredar di masyarakat. Dengan harga 1 rupee sekitar 200 rupiah, artinya mata uang 100.000 dan 200.000 ditarik. Mata uang nominalnya yang umum dipake adalah 100 rupee sedangkan, mata uang terbesar 2000 rupee. Perbedaan yang besar ini membuat sulit melakukan transaksi, dengan uang 2000 rupee banyak toko yang keberatan dengan kembalian 100 rupee yang banyak sedangkan 100 rupee juga nominal yang sangat kecil. 

Bagi orang asing penukaran uang juga dibatasi oleh money changer. Ketika pertama kali datang malah hari di Delhi, hampir semua money changer kehabisan cash rupee. Pada keesokan harinya ketika menukar di money changer, ternyata  ada batas penukaran uangnya. Tergantung money changernya, bisa menukar 70-80 USD dan hanya bisa menukar sekali untuk satu minggu. Triknya, tiap perusahaan money changer memiliki catatan masing masing. Jadi masih bisa ganti dengan money changer lainnya. Atau gunakan dollar untuk belanja di toko tertentu yang menerima USD dan menerima rupee sebagai kembaliannya.

Welcome to India 

Tantangan berikutnya adalah polusi udara. Kualitas udara di India menjadi sangat buruk pada tahun 2016 ini. Kadar udara yang baik bernilai antara 0-50. Sedangkan kadar udara di India saat ini sekitar 300 yang bisa membahayakan paru-paru. Jarak pandang akan menjadi sangat pendek, dari Agra Fort melihat menuju Taj Mahal tidak terlihat apa apa. Cuman sedikit siluet dari Taj Mahal. Dengan kondisi udara yang seperti ini, disarankan untuk membawa masker udara dan doa yang kuat supaya pemandangan Taj Mahal cerah.

Antrian untuk ngambil uang di ATM
Hal lainnya adalah masalah sekurtias di Bandara. Namanya mungkin Indian Way. Memasuki bandara India, harus siap siap diperiksa dan ngantri terus. Saya hitung ada sekitar 8 kali cek paspor atau tiket dari pintu masuk hingga naik pesawat. Jadi siapkan waktu luang yang panjang jika harus naik pesawat terbang. Oh ya ketika carried baggage kita melewati x-ray, jangan lupa dipasang tag yang sudah dikasih saat check in. Pengalaman belum dicap tag nya hingga harus diperiksa ulang sesaat mau terbang. Dan jangen pernah buang boarding pass. Boarding pass saya ketinggalan ketika mau turun pada saat penerbangan domestik. Kebetulan pesawatnya start awal dari Myanmar dan petugas imigrasi tidak mengijinkan masuk. Setelah akhirnya dibantu juga oleh crew pesawat Air India akhirnya bisa juga keluar imigrasi.

Percayalah walaupun semua isinya membuat menjadi takut sama India, jangan batal pergi. Pengalaman di India benar benar Incredible.





Komentar

Postingan Populer

Agoda